Kursus Service AC Mobil

Salah satu kerusakan interior mobil yang sering rusak adalah AC mobil. AC atau Air Conditioning pada mobil sering terjadi kerusakan. Sehingga ada banyak konsumen yang membutuhkan jasa untuk membetulkan AC mobil. Untuk membetulkan AC mobil tentunya pihak bengkel membutuhkan tenaga atau teknisi yang sangat handal untuk membetulkan AC mobil. Nah, bagi anda yang membutuhkan jasa untuk membetulkan AC mobil anda harus mengenali apakah produsen yang mengetahui permasalahan kerusakan dari AC mobil. Untuk itu dibutuhkan jasa Kursus Service Ac Mobil sehingga memudahkan pihak bengkel memiliki teknisi yang handal dalam menangani permasalahan AC mobil.

Sekarang ini keberadaan AC sudah menadi suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan. Peralatan Air conditioner juga digunakan pada mobil selain yang ada di rumah ataupun di gedung perkantoran dan perbelanjaan. Pada umumnya peralatan Air conditioner memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. untuk mengatur suhu udara.
  2. Untuk mengatur sirkulasi udara.
  3. Untuk mengatur kelembaban udara.
  4. Untuk mengatur kebersihan udara.

Di bawah ini adalah materi yang digunakan pada kursus service AC mobil antara lain:

  1. Pendahuluan tentang mekanisme pengikisan lapisan ozone atau pembahasan tentang teori ozone.
  2. Mempelajari tentang teori dasar sistem AC mobil (Instalasi Mekanik AC, Listrik dasar AC).
  3. Penggantian Refrigerant Baru (berbagai jenis refrigerant baru, nama-nama refrigerant, penamaan/tata nama refrigerant, refrigerant pengganti, efek rumah kaca).
  4. Memodifikasi sistim AC lama ke system AC baru (Sistem AC R12 ke R134a)
  5. Pencegahan terhadap salah pengisian dan penyambungan pipa (perubahan katup, bentuk sambungan, pemasangan vacuum pump adapter, perubahan detector kebocoran gas).
  6. Menjaga pelepasan refrigerant ke udara dan proses penyesuaian sistem.
  7. Peralatan sistem AC R134a atau Perubahan komponen.
  8. Perawatan AC Mobil (Shedule maintenance, Preventive maintenance, Predictive maintenance).
  9. Troubleshooting ACmobil (saat memeriksa jumlah pengisian refrigerant, mengatasi kesulitan pada kondisi normal, refrigerant tidak cukup, aliran refrigerant tersumbat atau sulitnya  bersirkulasi, adanya uap air pada system sirkulasi, udara masuk dalam sirkulasi, katup ekspansi terlalu membuka).
  10. Kemudian Alat peraga yang dibutuhka meliputi ( Board simulator AC mobil, alat ukur system Refrigerasi dan pengkondisian udara, alat alat peraga system pendingin).