Cara Membuat Keripik Apel Khas Malang Renyah, Gurih, Nikmat dengan Mudah

Cara membuat keripik apel khas malang | Keripik merupakan makanan ringan yang bahannya biasanya terbuat dari umbi – umbian, buah dan sayuran. Keripik dibuat dengan cara pemanasan di dalam minyak goreng.

Salah satu keripik yang mencuri perhatian adalah keripik buah. Jika anda mendengar kata buah tentu yang menjadi pikiran di benak anda adalah buah segar yang sehat.

Di Indonesia sendiri mempunyai beragam buah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Contohnya saja di Sleman, daerah ini terkenal dengan salak pondohnya. Warga Sleman terutama di daerah penghasil salak menggunakan buah ini menjadi produk olahan keripik buah.

Kemudian di Malang, daerah ini penghasil buah apel yang terkenal sampai ke mancanegara. Produk olahan keripik juga sangat enak dan renyah.

Jika anda belum mencoba keripik buah anda tak perlu pergi ke Malang. Anda dapat membuat sendiri keripik buah apel khas Malang di rumah. Simak cara membuat keripik apel khas Malang berikut ini hingga akhir.

Cara Membuat Keripik Apel Khas Malang

Cara Membuat Keripik Apel Khas Malang

Bahan untuk Membuat Keripik Apel Khas Malang

Sebelum mulai membuat keripik buah apel khas Malang anda perlu menyiapkan bahan – bahan. Cara membuat keripik ini tidak terlalu ribet dan bahannya mudah didapatkan.

  • Secukupnya buah apel segar khas malang, jika tidak ada bisa menggunakan apel jenis lain.
  • Secukupnya minyak goreng.

Langkah – Langkah Membuat Keripik Apel Khas Malang

Keripik buah apel khas malang mempunyai cita rasa sendiri. Jika bahan sudah siap makakita lanjutkan ke proses pembuatannya.

  1. Siapkan pisau tajam. Buah apel dicuci kemudian kupas apel hingga tidak tersisia kulitnya.
  2. Buah apel yang sudah dikupas kemudian diiris – iris menggunakan pisau. Bentuknya bebas. Yang perlu diperhatikan adalah potongannya jangan terlalu tipis agar tidak mudah hancur saat digoreng.
  3. Siapkan airbersih dalam wadah untuk menampung apel yang sudah diiris -iris. Rendam selama 30 menit. Jika ingin hasil lebih kriuk gunakan air yang sangat dingin namun jangan yang membeku.
  4. Setelah 30 menit silahkan cek warna irisan buah apel. Apakah warnanya sudah kecoklatan?
  5. Jika warna sudah nampak kecoklatan kemudian angkat apel dari air rendaman dan masukkan penggorengan. Ada baiknya jika anda menggunakan mesin vacuum frying rumah mesin. Mesin penggoreng keripik ini dapat menghasilkan keripik dengan rasa gurih dan renyah serta merata. Mesin ini banyak digunakan pengusaha keripik buah.
  6.  

    Keripik buah apel yang sudah matang diangkat dan ditiriskan. Tunggu hingga dingin.

  7. Sudah jadi, keripik dapat anda sajikan di dalam wadah kedap udara agar selalu renyah.
  8. Jika anda tertarik untuk menjadikan peluang usaha sangat disarankan untuk mengemas dengan alat pres plastik kedap udara. Jenis mesin pengemas ini sangat penting digunakan agar produk anda selalu renyah dan terjaga mutunya.

Sangat mudah kan cara membuat keripik apel khas Malang ini? Jangan lupa share kepada teman dan kerabat. Demikian artikel cara membuat keripik apel khas Malang. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *