Ingin Usaha Tapi Modal Kecil, Ini Peluang Usaha dengan Modal Rp 500 Ribu

Indonesia adalah negara dengan sejuta potensi usaha yang bisa dikerjakan. Walaupun saat ini banyak laporan yang mengatakan bahwa industri retail di Indonesia sedang lesu, bukan berarti bahwa semua pengusaha di Indonesia terkena dampaknya.

Salah satu sisi positif yang bisa kita lihat saat ini adalah munculnya banyak pengusaha dari kalangan menengah ke bawah. Pasar Indonesia yang dulunya dikuasai oleh para pemain besar sekarang sudah mulai diambil oleh para pemain kecil yang jumlahnya sangat banyak.

Artinya, saat ini adalah momen di mana kita bisa menjalankan usaha sendiri. Walaupun tidak punya modal besar, kita bisa menjalankan peluang bisnis dengan modal kecil yang ada di sekitar kita saat ini. Ini adalah waktunya untuk mulai menjalankan usaha sendiri.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha dengan modal yang kecil, modalnya kurang lebih hanya Rp 500.000,- saja.

1. Membuka Usaha Warung Kopi

Masyarakat Indonesia terkenal suka minum kopi. Dan untuk membuka sebuah warung kopi modalnya tidak harus besar, dengan uang Rp 500 ribu kita sudah bisa mulai menjalankan usaha warung kopi.

Jika kebetulan rumah Anda berada di lokasi yang strategis maka usaha warung kopi tersebut bisa dijalankan di rumah saja. Namun, bila hal tersebut tidak memungkinkan maka kita bisa mulai berjualan kopi di pinggir jalan. Selain berjualan kopi, kita juga bisa menjual berbagai jenis makanan ringan yang bisa dihidangkan untuk menemani kopi.

Baca juga: Ini 10 Jenis Usaha yang Menjanjikan Sepanjang Masa

2. Berjualan Pulsa Elektronik

Bisnis ini memang sudah cukup banyak pemainnya, tapi pasti masih ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh para pemain kecil. Kebutuhan para pengguna handphone akan pulsa membuat bisnis jualan pulsa elektronik menjadi peluang yang menjanjikan.

Dengan modal awal sekitar Rp 300.000 saja dan juga perangkat handphone, kita sudah bisa menjalankan usaha jualan pulsa elektronik. Tantangan menjalankan usaha ini adalah mencari pelanggan pertama yang mau membeli pulsa.

Namun, bila kita sudah memiliki pelanggan tetap maka menjalankan usaha jualan pulsa elektronik ini akan terasa sangat mudah. Kita bisa menjalankannya dari mana saja dan kapan saja.

3. Membuka Usaha Jualan Gorengan

Bagi sebagian besar orang mungkin usaha jualan gorengan terkesan kurang bergengsi. Banyak orang yang tidak mau menjalankan usaha ini. Namun, pada kenyataannya cukup banyak pengusaha gorengan yang bisa meraup untung besar dari usaha sederhana ini.

Jenis gorengan yang biasanya dijual adalah tahu goreng, pisang goreng, tempe goreng, dan lain sebagainya. Untuk menjalankan usaha ini, kita harus menemukan lokasi yang cukup strategis dan sering dilalui oleh orang, misalnya di dekat pusat perbelanjaan, sekolah, dan tempat wisata.

Memulai usaha ini memang awalnya membutuhkan modal cukup banyak, tapi untuk operasional usahanya cenderung hemat. Modal awalnya adalah membeli gerobak, perlatan memasak, dan bahan-bahan. Semua kebutuhan tersebut bisa didapatkan dengan mudah.

4. Menjadi Penulis Artikel

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok dikerjakan oleh mereka yang suka menulis dan ingin bekerja dari rumah saja. Ya, menjadi penulis artikel (ghost writer) sudah menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan saat ini.

Alasannya sangat sederhana, karena sekarang ini ada banyak sekali blog dan website yang bermunculan di Indonesia dengan beragam topik. Semua blog dan website tersebut membutuhkan penulis untuk membuat artikel.

Tidak dibutuhkan gelar khusus agar bisa menjadi seorang penulis. Kita hanya butuh skill menulis dan juga harus rajin membaca artikel di website lain untuk menambah pengetahuan.

Modal awalnya tentu saja kita harus punya perangkat komputer/ laptop dan koneksi internet yang baik. Boleh dibilang menjadi seorang penulis artikel hampir tidak butuh modal.

5. Jualan Online Menjadi Dropshipper

Bisnis online menjadi dropshipper adalah salah satu jenis usaha online yang sangat banyak digeluti masyarakat urban di Indonesia saat ini. Selain modalnya sangat kecil, untuk menjalankan usaha ini Anda tidak harus membangun sebuah kantor khusus.

Menjalankan usaha dropship dimulai dengan bergabung menjadi dropshipper dari pihak ketiga. Jadi, kita harus menemukan supplier yang punya produk yang dibutuhkan masyarakat dan menawarkan program dropship kepada masyarakat.

Kita tidak harus punya stok barang, tapi cukup menjalin komunikasi yang baik dengan pihak supplier dan juga konsumen. Dengan begitu, kita tidak terlalu rugi kalau barang yang dijual tidak laku seperti halnya yang terjadi pada sistem reseller.

Bisnis dropship ini bisa dijalankan oleh siapa saja. Bahkan saat ini banyak mahasiswa yang menjalankan usaha dropship ini sembari belajar di Kampus. Produk dropship pun sangat beragam, mulai dari barang elektronik, pakaian, aksesoris, herbal, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas kita mengerti bahwa peluang itu ada di mana-mana, tinggal bagaimana kita mengupayakannya. Jadi, kalau saat ini kamu sudah menyerah untuk mencari kerja, sebaiknya cobalah untuk berwirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *