Tips Pemeliharaan Tanaman Kelapa Sawit

Kelapa sawit memang menjadi komoditas yang pamornya terus menanjak di kalangan para pebisnis. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sederet fakta mengungkapkan bahwa tanaman yang menghasilkan minyak kelapa sawit ini diminati oleh banyak negara dan Indonesia menjadi salah satu eksportir terbesar di dunia. Jika memang telah memutuskan menggeluti usaha di bidang ini Anda harus pandai-pandai melakukan strategi yang bisa membawa keuntungan. Salah satunya memberikan perhatian khusus pada setiap proses yang harus dilakukan. Mulai sejak penyewaan lahan, pemilihan bibit, penanaman, pemeliharaan tanaman kelapa sawit hingga proses panen.

Memperhatikan pemeliharaan tanaman kelapa sawit menjadi bahasan penting dalam tulisan ini agar Anda bisa lebih memahami bagaimana cara yang tepat dalam merawat tanaman sawit. Berikut ini beberapa tips dasar yang perlu Anda ketahui.

pohon sawit
Kelapa sawit

• Pemilihan Lahan yang Tepat

Lahan menjadi unsur penting yang bisa mempengaruhi jenis buah yang dihasilkan. Setiap bibit kelapa sawit juga memiliki jenis yang berbeda dengan kualitas hasil buah yang berbeda pula. Sejak masa awal sebaiknya sesuaikan antara bibit yang nanti akan ditanam dengan jenis lahan yang dibutuhkan. Pemeliharaan untuk tanaman pada lahan tertentu membutuhkan perawatan yang berbeda misal antara lahan gambut dan lahan mineral.

• Pemeliharaan dari Hama dan Parasit

Tanaman sawit yang telah memasuki proses tanaman dan mulai tumbuh harus dijaga dengan pemeliharaan yang intensif. Melakukan pemupukan menjadi salah satu cara untuk membuat pohon bisa tumbuh dengan baik dan terhindar dari parasit. Selain itu, jaga pula pohon sawit dari gangguan hama seperti babi hutan yang bisa merusak tanaman.

• Tata Cara Panen yang Tepat

Melakukan proses panen dengan tepat juga bisa menjaga kualitas kelapa sawit tetap baik. Gunakan prosedur dan teknik panen yang sesuai standar agar tidak mengurangi mutu kelapa sawit. Perhitungkan kematangan buah kelapa sawit agar berada pada masa atau usia panen yang tepat.

Memprioritaskan cara pemeliharaan tanaman kelapa sawit yang sesuai akan berakibat baik pada hasil produk kelapa sawit. Semoga dengan mengikuti tips yang telah diberikan bisa menggandakan profit yang Anda peroleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *