Tips Pengelolaan Modal Untuk Peluang Usaha Rumahan

Ketika seorang pengusaha pemula berniat menjalankan bisnis di rumah, kesuksesan peluang usaha rumahan yang dibangun dari nol tidak akan lepas dari sistem pengelolaan modal yang baik. Berikut adalah beberapa tips pengelolaan modal yang bisa Anda coba penerapannya, jika Anda juga sedang mencoba merintis bisnis di rumah.

kelola modal usaha rumahan

#Kalkulasi harga bahan baku

Ketika Anda memiliki usaha yang bahan bakunya juga disiapkan secara pribadi, kalkulasi dulu pengeluaran modal yang diperlukan untuk pembelian bahan baku total setiap harinya. Dengan cara ini, Anda bisa mengkalkulasi berapa jumlah total modal yang dibutuhkan untuk menjaga agar bisnis yang Anda jalankan bertahan dalam jangka waktu lama. Sebagai contoh, Anda ingin membangun bisnis di bidang pembuatan roti kering dan setiap minggunya Anda harus berbelanja bahan baku, seperti tepung terigu, gula pasir, mentega, telur, susu cream, dan lainnya. Maka kalkulasi total harga bahan yang Anda kumpulkan, akan menjadi bahan dalam pengelolaan modal awal yang dimiliki agar usaha bisa terus berjalan meskipun pesanan yang datang belum terlalu banyak.

#Kalkulasi harga jual produk

Ketika Anda berniat membangun peluang usaha rumahan dari nol dengan produk yang Anda buat sendiri, pastikan Anda juga memiliki perkiraan untuk harga jual produk setelah melakukan survey pada kompetitor. Harga jual yang Anda tawarkan ke konsumen akan menjadi standar dalam penghitungan laba yang didapat dan diputar kembali sebagai modal usaha. Saat menghitung harga jual, akan lebih baik jika Anda bisa membuat harga produksi dengan harga jual impas pada awalnya. Ketika sudah mendapat pelanggan tetap yang puas dengan produk Anda, mulailah mencoba menaikkan harga untuk menambah modal sambil memberi pengertian ke konsumen.

#Modal untuk pengeluaran tidak terduga

Ketika Anda memulai bisnis, pastikan Anda memiliki modal cadangan yang bisa diputar untuk beberapa kejadian yang tidak terduga, seperti barang produksi Anda yang rusak didalam pengiriman, alat produksi yang mengalami kerusakan, atau resiko lainnya. Dengan begitu, pengelolaan modal yang Anda lakukan akan memberi hasil yang maksimal pada keberhasilan produksi dan penjualan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *